Cara Melaporkan Penipuan Online Dengan Modus Yang Semakin Canggih

Seperti pesan yang selalu dikumandangkan oleh Bank Napi, bahwa kejahatan terjadi juga karena adanya kesempatan sehingga membuat penipuan bisa terjadi. Utamanya sekarang ini karena banyaknya modus penipuan online yang dilakukan oleh penipu untuk menipu korbannya. Anda perlu untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan, atau ketika menjadi korban bisa untuk mengetahui dan segera melaporkannya. Sehingga penting sekali untuk mengetahui cara melaporkan penipuan online untuk bisa membuat pelaku bisa menjadi jera.

Modus penipuan online sekarang ini mempunyai banyak sekali jenisnya. Bahkan mungkin bagi banyak orang masih terdengar asing karena modus baru akan selalu ada dan berinovasi untuk menipu korban. Sehingga Anda perlu untuk selalu waspada dengan banyaknya modus penipuan online yang bisa dialami orang terdekat bahkan juga diri Anda sendiri. Beragam modus penipuan online yang perlu dikenali sehingga bisa menjadikan Anda untuk lebih berhati-hati, antara lain:

  • Jenis yang pertama adalah penipuan online yang illegal. Pinjol yang menjamur membuat banyak orang tertarik untuk mengambil pinjaman dengan mudah. Akan tetapi masih banyak yang abai mengenai keamanan tempat mengambil pinjol tersebut. Padahal penipuan online banyaknya terjadi karena memilih pinjaman online yang illegal sehingga mempunyai resiko data yang disalahgunakan. Hindari pinjol illegal dan pastikan untuk memilih pinjol aman yang terdaftar di OJK untuk mengambil pinjaman online.
  • Pengiriman link yang isinya adalah virus juga merupakan modus penipuan online yang bisa untuk mengakses informasi penting seperti sandi dan data penting lainnya.
  • Penipuan online yang berkedok dari keluarga juga penting untuk diwaspadai.
  • Investasi illegal yang membuat banyak orang rugi dengan aplikasi yang hilang juga menjadi modus penipuan online.
  • Situs dan aplikasi palsu yang dibuat mirip dengan yang asli juga menjadi cara untuk melakukan penipuan online.
  • Jual beli online yang dilakukan lewat e-commerce dan sosial media juga menjadi salah satu modus penipuan online yang banyak terjadi.
  • Penipuan online yang mengatasnamakan amal, menawarkan pekerjaan palsu, hingga arisan yang berhadiah menggiurkan.
  • Pencurian identitas yang akan bisa disalahgunakan dan merugikan untuk keperluan pinjol bisa menjadi modus penipuan yang dialami.
  • Penipuan online dengan mendekati korban untuk menjalin asmara yang ujung-ujungnya ingin menipu.

Serta masih banyak sekali modus penipuan online lainnya yang perlu untuk diwaspadai. Pastikan untuk tetap berhati-hati ketika menggunakan internet dan menghindari hal yang bisa membuat Anda menjadi sasaran empuk penipu. Seperti memberikan informasi mengenai data diri di internet, mudah percaya dengan orang lain, dan juga selalu berhati-hati ketika menerima telpon dari nomor yang tidak dikenal. Apabila menjadi korban penipuan, sekarang ini banyak cara melaporkan penipuan online yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Di mana ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk melaporkan penipuan online yang Anda alami. Laporan penipuan online tersebut tergantung dari jenis penipuan yang terjadi di tempat yang tepat, aman, dan merupakan situs yang official untuk melaporkan penipuan online:

  • Anda bisa untuk melaporkan penipuan resmi di Kominfo seperti menggunakan ADUAN BRTI.
  • Anda bisa mengadukan penipuan ke cekrekening.id yang berhubungan dengan akun rekening.
  • Anda bisa melaporkan penipuan ke lapor.go.id untuk melakukan pengaduan penipuan online yang dialami.

Selain tempat tersebut, Anda juga bisa untuk menghubungi ke bank yang terkait untuk membantu melakukan pemblokiran terhadap rekening yang digunakan untuk menipu hingga bisa mendapatkan dana yang telah hilang. Hubungi CS dari bank yang terkait, seperti bagi Anda nasabah BCA bisa menghubungi CS BCA di nomor 1500 888 untuk melaporkan penipuan online yang dialami dan berhubungan dengan rekening BCA. Dengan menghubungi CS akan lebih cepat untuk laporan diterima dan diproses dibandingkan melaporkan lewat email atau media sosial Bank BCA.

Sehingga untuk cara melaporkan penipuan online yang membutuhkan penanganan yang cepat, Anda bisa langsung untuk menghubungi CS BCA di nomor 1500888. Pihak bank juga akan membantu untuk melakukan pengurusan ke pihak berwajib untuk membantu penipuan yang dialami oleh nasabahnya bisa untuk diselidiki dan ditangani lebih lanjut. Anda bisa untuk melaporkan penipuan online yang dialami juga ke kantor polisi terdekat untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku.