Strategi Cari Pembantu Yang Aman Di Masa Pandemi

Meski di masa pandemi, orang tentu tetap membutuhkan pembantu baik untuk menjaga kebersihan rumahnya atau mengasuh anak. Namun di masa sulit seperti ini, untuk cari pembantu yang tepat dan aman harus melakukannya dengan penuh pertimbangan. Setidaknya Anda tahu kriteria seperti apa pembantu yang ingin dipilih untuk dipekerjakan di rumah.

Dengan begitu Anda jadi punya strategi yang tepat untuk menemukan pembantu yang cocok dan di rasa nyaman, apalagi bagi yang menginginkan pembantu untuk dipekerjakan dengan gaji tiap bulan. Berikut beberapa strategi tepat yang bisa anda lakukan.

1. Ketahui Budget

Masa pandemi merupakan masa yang cukup sulit secara ekonomi. Dengan begitu, Anda harus memikirkan besaran budget yang dimiliki untuk mempekerjakan seorang PRT. Anda juga wajib tahu berapa standar biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji pembantu, apalagi jika menemukannya dari yayasan atau agen penyalur.

Perlu diketahui, saat mencari pembantu dari agen penyalur biasanya biaya yang harus Anda keluarkan jauh lebih mahal dibanding mencari langsung atau mendapatkan rekomendasi dari teman. Namun untuk keamanan sebaiknya pilih pembantu dari yayasan, karena sudah terlatih dan biasanya keamanannya di tanggung jawabnya oleh yayasan atau penyalur.

2. Lakukan Wawancara

Sebelum memilih pembantu baik lewat yayasan maupun secara langsung, Anda harus melakukan wawancara langsung dengan calon pembantu. Wawancara ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui bagaimana karakter dari asisten rumah tangga dan juga untuk memahami bagaimana latar belakang dan profil dirinya.

Hal ini juga sangat berlaku, bagi Anda yang ingin menemukan jasa pembantu rumah tangga yang masih muda. Apalagi bagi yang ingin mencari pembantu untuk menjaga anak di rumah, perhatikan bagaimana keselamatan anak selama ditinggal.

3. Pengalaman Kerja

Cari pembantu, maka pilih yang memiliki pengalaman kerja sudah cukup banyak di bidang tersebut. Apalagi jika menemukan yang memang belum punya pengalaman kerja sebagai ART, sebaiknya pertimbangkan untuk memilihnya.

Calon asisten rumah tangga yang belum berpengalaman apalagi untuk bekerja di area perkotaan tentu saja Anda harus memiliki waktu tersendiri untuk memberitahunya berbagai hal yang harus dikerjakan dan yang tidak boleh dilakukan di rumah. Belum lagi, Anda bisa menemukan pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja tersebut kurang rapi padahal biaya yang harus dikeluarkan sudah mahal.

4. Temukan Penyalur Terpercaya

Selanjutnya judul penting untuk mencari pembantu dari agen penyalur terpercaya. Ketahui profil dan latar belakang dari agen penyalur apakah memiliki track record yang baik atau tidak selama ini.

Pilih juga agen penyalur yang memang memiliki izin resmi dan jangan gunakan penyalur yang ilegal. Hal ini akan membuat Anda menemukan jasa pembantu tidak profesional dan penyalur yang tidak bertanggung jawab. Padahal di sisi lain Anda sedang cari pembantu yang siap bekerja dalam waktu dekat.

5. Buat Kontrak Kerja

Agar aman dan nyaman bagi kedua belah pihak, maka Anda harus membuat kontrak kerja hitam diatas putih. Kontrak kerja ini akan memuat segala hak dan kewajiban dari kedua belah pihak antara Anda dan calon pembantu rumah tangga.

Di dalam kontrak tersebut juga termuat berbagai informasi seperti gaji, jam kerja, tugas yang harus dikerjakan setiap, jumlah cuti dan lain-lain.

Untuk untuk yang sedang cari pembantu, Anda bisa menemukannya dengan mudah lewat platform Sejasa. Platform ini akan membantu Anda, untuk menemukan asisten rumah tangga yang profesional dan dari agen penyalur terpercaya tentunya. Anda bisa mengakses platform ini baik lewat aplikasi, maupun website resminya di sejasa.com.